MENURUT Prajudi Atmosudirdjo, arti kerja adalah pengarahan tenaga (mental, skills, kekuatan dan jasmaniah) untuk menciptakan atau mewujudkan sesuatu yang sebelumnya sudah merupakan suatu rencana atau objective.
A.Pengertian Pekerjaan Kantor
George Terry merumuskan pengertian pekerjaan perkantoran itu sebagai berikut: “Pekerjaan perkantoran meliputi penyampaian keterangan secara lisan dan pembuatan warkat-warkat tertulis dan laporan-laporan sebagai cara untuk meringkas banyak hal dengan cepat guna menyediakan suatu landasan fakta bagi tindakan kontrol dari pimpinan”.
William Leffingwell dan Edwin Robinson menerangkan bahwa “Pekerjaan perkantoran berkenaan dengan warkat-warkat dari badan usaha-pembuat warkat-warkat, pemakaian warkat dan pemeliharaannya guna dipakai untuk mencari keterangan dikemudian hari. Warkat ini mungkin merupakan sejarah dari pelaksanaan urusan-urusan badan usaha itu sebagaimana digambarkan oleh daftar-daftar perhitungan, surat-menyurat, surat perjanjian, surat pesanan, laporan dan segala macam nota yang tertulis dan tercetak”.

B.FUNSI PEKERJAAN KANTOR
Funsi pekerjaan kantor secara garis besar adalah untuk memberikan informasi ,dalam hal ini informasi tersebut dapat berupa surat ,panggilan telepon,dan laporan berbagai kegiatan bisnis di suatu kantor.Adapun fungsi pekerjaan kantor :
  • Menerima Informasi
  • Mengolah Informasi
  • Menyimpan Informasi
  • Melindungi Informasi
  • Memberikan Informasi
C.MACAM-MACAM PEKERJAAN KANTOR
Ada dua pekerjaan kantor,yaitu :
1. Pekerjaan kantor yang bersifat ketatausahaan adalah pekerjaan kantor yang berhubungan langsung dengan tulis-menulis ,seperti :
  • Pengurusan atau penanganan surat masuk dan surat keluar
  • Penyimpanan surat (kearsipan)
  • Pengetikan
  • Pengurusan kepegawaian
  • Penguruan keuangan
  • Pengurusan perlengkapan
  • Penggandaan
  • Pembuatan laporan
2. Pekerjaan kantor yang tidak bersifat ketatausahaan adalah pekerjaan kantor yang tidak berhubungan dengan tulis-menulis,seperti :
  • Menelepon
  • Menerima tamu
  • memelihara Gedung kantor
Menurut Leffingwell dan Robinson, pekerjaan kantor terdiri dari kegiatan-kegiatan berikut :
a)             Menerima pesanan-pesanan, mengantarkan dan mengirimkannya dengan kapal.
b)             Membuat rekening.
c)             Surat-menyurat, mendikte, mengetik.
d)            Menyimpan warkat.
e)             Menyampaikan hutang dan mengumpulkan perhitungan-perhitingan yang belum diselesaikan.
f)              Mengurus, membagi-bagi dan mengirimkan surat-surat pos.
g)             Pekerjaan memperbanyak warkat dan membubuhkan alamat.
h)             Macam-macam pekerjaan seperti menelepon, menerima tamu, pekerjaan pesuruh.
i)               Tugas-tugas khusus dengan maksud untuk menyederhanakan sistem, menghapuskan pekerjaan yang tidak   perlu.
j)               Membuat warkat-warkat, mencatat data yang diinginkan